AUDIENS
MEDIA
Definisi Audiens Media
Dualitas
makna
} Kolektivitas yang terbentuk baik sebagai tanggapan
terhadap isi media dan didefinisikan berdasarkan perhatiannya pada isi media
} Sesuatu yang ada dalam kehidupan sosial yang kemudian berhubungan
dengan media tersebut.
Menurut McQuail (1987)
} Audiens sebagai kumpulan penonton, pembaca, pendengar,
pemirsa. Konsep audiens diartikan sebagai penerima pesan-pesan dalam komunikasi
massa, yang keberadaannya tersebar, heterogen, dan berjumlah banyak. Pendekatan
sosial budaya sangat menonjol untuk mengkaji konsep ini.
} Audiens sebagai massa. Konsep audiens diartikan sebagai suatu kumpulan
orang yang berukuran besar, heterogen, penyebaran, dan anomitasnya serta
lemahnya organisasi sosial dan komposisinya yang berubah dengan cepat dan tidak
konsisten. Massa tidak memiliki keberadaan(eksistensi) yang berlanjut kecuali
dalam pikiran mereka yang ingin memperoleh perhatian dari dan memanipulasi
orang-orang sebanyak mungkin. McQuail menyatakan bahwa konsep ini sudah tidak
layak lagi dipakai.
} Audiens sebagai kelompok sosial atau publik. Konsep audiens diartikan sebagai suatu kumpulan
orang yang terbentuk atas dasar suatu isyu, minat, atau bidang keahlian.
Audiens ini aktif untuk memperoleh informasi dan mendiskusikannya dengan sesama
anggota audiens. Pendekatan sosial politik sangat menonjol untuk mengkaji
konsep ini.
} Audiens sebagai pasar. Konsep audiens diartikan sebagai konsumen media dan
sebagai audiens (penonton, pembaca, pendengar, atau pemirsa) iklan tertentu.
Pendekatan sosial ekonomi sangat menonjol untuk mengkaji konsep ini.
No comments:
Post a Comment