Selamat Datang di Bumi Jagad Besemah

18 March, 2012


Efektifitas Penyuluhan

Efektifitas adalah ketepatgunaan, hasil guna, menunjang tujuan. Efektifitas pada dasarnya mengacu pada sebuah keberhasilan atau pencapaian tujuan. Efektifitas merupakan salah satu dimensi dari produktivitas, yaitu mengarah kepada pencapaian unjuk kerja yang maksimal, yaitu pencapaian target yang berkaitan dengan kualitas, kuantitas dan waktu.
Efektifitas kegiatan penyuluhan pertanian disini, diartikan sebagai pencapaian seluruh tujuan dari kegiatan penyuluhan pertanian yang dilaksanakan disuatu tempat. Tujuan dari kegiatan penyuluhan ini sendiri berbeda- beda disetiap tempatnya. Masing- masing disesuaikan dengan kebutuhan petani untuk memajukan usahataninya.  Sedangkan efisien berarti hemat, dalam arti menggunakan semua sumber daya (tenaga,  waktu, pikiran dan biaya) sekecil mungkin untuk mendapatkan hasil sebesar-besarnya (tujuan penyuluhan tercapai). Dengan kata lain, metode yang digunakan dalam penyuluhan tidak menghabiskan banyak biaya, waktu, tenaga dan pikiran.
tujuan penyuluhan pertanian jangka panjang, yaitu agar tercapai peningkatan taraf hidup masyarakat petani, mencapai kesejahteraan hidup yang lebih terjamin. Tujuan itu hanya bisa tercapai apabila para petani dalam masyarakat itu, pada umumnya telah melakukan “better farming, better business, better living”, yang artinya:
a.       better farming, mau dan mampu mengubah cara- cara usaha taninya dengan cara- cara  yang lebih baik;
b.      better business, berusaha yang lebih menguntungkan, misalnya menjauhi para pengijon, para lintah darat, dsb;
c.       better living, menghemat tidak berfoya- foya setelah melangsungkan panenan, menabung, bekerja sama memperbaiki higiene lingkungan, mendirikan industri- industri rumah dengan mengikutsertakan keluarganya guna mengisi kekosongan waktu selama menunggu masa panen.


No comments:

Post a Comment