Skoring merupakan salah satu cara untuk memperoleh data, misalnya mengukur perilaku dan persepsi, dimana skala yang digunakan adalah nominal atau ordinal. Rrumus yang digunakan untuk membuat interval kelas dan digunakan untuk
menjawab tujuan pertama yaitu mengukur persepsi petani dalam penyambungan
tanaman kopi adalah sebagai berikut :
Rumus yang
digunakan membuat interval kelas adalah:
NR =
NST – NSR
PI =
NR : JIK
Dimana :
NR =
Nilai Range
NST =
Nilai Skor Tertinggi
NSR =
Nilai Skor Terendah
JIK =
Jumlah Interval Kelas
PI =
Panjang Interval
Dengan hasil yang didapat, maka dapat dibuat interval-interval dan kategori-kategorinya, misalnya perhitungan untuk
membuat interval kelas pada persepsi petani adalah sebagai berikut :
NST = 42 (7 indikator x 2 pertanyaan x bobot pertanyaan (3) )
NSR =
14 (7 indikator x 2 pertanyaan x bobot pertanyaan (1) )
JIK =
3
Sehingga:
NR =
NST – NSR PI = NR : JIK
=
42 - 14 =
28 : 3
=
28 =
9,33
Untuk interval kelas untuk tiap
indikator adalah :
NST = 6 ( 2 pertanyaan x bobot pertanyaan (3) )
NSR = 2 ( 2 pertanyaan x bobot pertanyaan (1) )
JIK =
3
Perhitungan:
NR =NST
– NSR PI = NR : JIK
NR =
=
6 - 2 =
4 : 3
=
4 =
1,33
Untuk interval kelas per per
pertanyaan adalah :
NST =
3 ( pertanyaan x bobot pertanyaan (3) )
NSR =
1 ( pertanyaan x bobot pertanyaan (1) )
JIK =
3
Perhitungan :
NR =
NST – NSR PI = NR : JIK
=
3 – 1 =
2 : 3
= 2 =
0,66
Tabel 6. Nilai interval kelas untuk mengukur persepsi petani dalam SLPHT kopi di Kelurahan Karang Dalo Kecamatan Dempo Tengah Kota Pagaralam
No
|
Nilai interval kelas
(skor
total)
|
Nilai
interval kelas (per indikator)
|
Nilai
interval
(per
pertanyaan)
|
Kriteria
|
1
|
14,00 ≤ x ≤ 23,33
|
2,00 ≤ x
≤ 3,33
|
1,00 ≤ x ≤ 1,66
|
Rendah
|
2
|
23,33 < x ≤ 32,66
|
3,33 < x
≤ 4,66
|
1,66 < x ≤ 2,33
|
Sedang
|
3
|
32,66 < x ≤ 42,00
|
4,66 < x
≤ 6,00
|
2,33 < x ≤ 3,00
|
Tinggi
|
apa mau dirata-rata sehingga didapat niaai 1 s.d. 3 ? tidak logis kan?
semoga bermanfaat
Key words ; skoring, barizi, nasution, skor, nilai tertinggi, nilai terendah, NST, NSR, Jarak, Interval, metode, metodologi, penelitian
No comments:
Post a Comment