Selamat Datang di Bumi Jagad Besemah

04 March, 2014

WISATA PAGAR ALAM :KAWASAN MEGALITH PAGAR ALAM

WISATA PAGAR ALAM :KAWASAN MEGALITH PAGAR ALAM


 Rumah Batu
Arca Manusia


Sebagai sebagai kota yang berbasis pada pertanian, Kota Pagar Alam yang memiliki cita-cita sebagai kota budaya dan pariwisata, pembangunan kawasan pariwisata merupakan salah satu program strategis guna melestarikan budaya tanah besemah serta mengangkat citra Kota Pagar Alam. Sebagai kota yang memiliki potensi sumberdaya pariwisata, mulai dari lanskap alam yang indah, peninggalan sejarah, sampai Kepada keramahan penduduknya yang bisa dirasakan oleh  para pengunjung.
Sangatlah tepat bila Pagaralam disebut sebagai kota wisata, karena banyak sekali terdapat objek-objek wisata yang bisa dikunjungi dan mempunyai keindahan tersendiri. Mulai dari wisata alam sampai kepada wisata peninggalan sejarah dan budaya, sebagai contoh: Batu Gong di Dusun Nanding, Arca Manusia Purba Di Desa Belumai, Tradisi Megalith, Megalith Besemah, Lukisan Purba di Besemah dan Kebudayaan suku Besemah Objek-objek wisata tersebut sangat menakjubkan karena keindahan dan kekhasannya yang tidak terdapat di daerah lain. Seperti halnya dengan batu-batu peninggalan manusia purba.
Batu-batu tersebut terdiri dari berbagai bentuk dan ukuran, ada yang berbentuk manusia, hewan, rumah batu. lesung batu dan sebagainya, yang umurnya diperkirakan antara 2500 - 3000 tahun. Tak ubahnya pada objek wisata alam, Pagaralam menawarkan begitu banyak wisata alam yang masih alami sampai sekarang untuk dikunjungi. Seperti objek wisata Gunung Dempo yang dikelilingi oleh lembah-lembah yang indah, wisata sungai yang dapat dijadikan sebagai wahana olahraga arus deras (ORAD) serta wisata air terjun.

Visit Pagar Alam J ditunggu ya
lates blog : Pagaralamese.blogspot.com

Sumber : Pagaralam Post

1 comment: