Selamat Datang di Bumi Jagad Besemah

18 March, 2012

Konsepsi Komunikasi
Komunikasi yang efektif merupakan tujuan dalam berkomunikasi. Menurut Tubbs dan Moss (2005) secara sederhana komunikasi dikatakan efektif bila orang berhasil menyampaikan apa yang dimaksudkannya. Secara umum, komunikasi dinilai efektif bila rangsangan yang disampaikan dan yang dimaksudkan oleh pengirim atau sumber, berkaitan erat dengan rangsamgan yang ditangkap dan dipahami oleh penerima. Keefektifan dalam penyampaian pesan akan menentukan kualitas suatu pesan.  Terdapat lima ukuran yang dapat dijadikan sebagai ukuran komunikasi yang efektif, yaitu pemahaman, kesenangan, pengaruh pada sikap, hubungan yang semakin baik dan tindakan.
Menurut Kossen (1983) suatu pemahaman akan rintangan-rintangan komunikasi yang pokok dapat membantu anda menghindarkan atau mengatasinya di masa yang akan datang. Rintangan komunikasi efektif berasal dari persepsi yang berbeda, terjemahan yang salah, emosim kecurigaan, kebiasaan mendengar yang buruk dan teknik bertanya yang buruk.
Menurut Nurudin (2007) dalam Mardikato (1993) penyuluh pertanian berperan penting dalam penyebaran suatu inovasi ke tengah masyarakat pedesaan dan juga bertindak atas nama pemerintah. Penyuluhan dikatakan berperan penting karena; 1) sebagai proses penyebar informasi, 2)sebagai proses penerangan, 3)sebagai proses perubahan perilaku, 4) sebagai proses pendidikan, dan 5) sebagai proses rekayasa sosial.

No comments:

Post a Comment