Komunikasi
yang efektif merupakan tujuan dalam berkomunikasi. Menurut Tubbs dan Moss
(2005) secara sederhana komunikasi dikatakan efektif bila orang berhasil
menyampaikan apa yang dimaksudkannya. Secara umum, komunikasi dinilai efektif
bila rangsangan yang disampaikan dan yang dimaksudkan oleh pengirim atau
sumber, berkaitan erat dengan rangsamgan yang ditangkap dan dipahami oleh
penerima. Keefektifan
dalam penyampaian pesan akan menentukan kualitas suatu pesan. Terdapat lima ukuran yang dapat dijadikan sebagai ukuran komunikasi
yang efektif, yaitu pemahaman,
kesenangan, pengaruh pada sikap, hubungan yang semakin baik dan tindakan.
Menurut
Kossen (1983) suatu pemahaman akan rintangan-rintangan komunikasi yang pokok
dapat membantu anda menghindarkan atau mengatasinya di masa yang akan datang.
Rintangan komunikasi efektif berasal dari persepsi yang berbeda, terjemahan
yang salah, emosim kecurigaan, kebiasaan mendengar yang buruk dan teknik
bertanya yang buruk.
Menurut Nurudin (2007) dalam Mardikato (1993) penyuluh pertanian berperan
penting dalam penyebaran suatu inovasi ke tengah masyarakat pedesaan dan juga
bertindak atas nama pemerintah. Penyuluhan dikatakan berperan penting karena;
1) sebagai proses penyebar informasi, 2)sebagai proses penerangan, 3)sebagai
proses perubahan perilaku, 4) sebagai proses pendidikan, dan 5) sebagai proses
rekayasa sosial.
No comments:
Post a Comment