Selamat Datang di Bumi Jagad Besemah

18 March, 2012

Cara Melakukan Skoring dan Ranking pada penelitian


Skoring merupakan salah satu cara untuk memperoleh data, misalnya mengukur perilaku dan persepsi, dimana skala yang digunakan adalah nominal atau ordinal. Rrumus yang digunakan untuk membuat interval kelas dan digunakan untuk menjawab tujuan pertama yaitu mengukur persepsi petani dalam penyambungan tanaman kopi adalah sebagai berikut :
Rumus yang digunakan membuat interval kelas adalah:
NR      = NST – NSR
PI        = NR : JIK
Dimana :
NR      = Nilai Range
NST     = Nilai Skor Tertinggi
NSR    = Nilai Skor Terendah
JIK      = Jumlah Interval Kelas
PI        = Panjang Interval
Dengan hasil yang didapat, maka dapat dibuat interval-interval dan kategori-kategorinya, misalnya perhitungan untuk membuat interval kelas pada persepsi petani adalah sebagai berikut :
NST    = 42 (7 indikator x 2 pertanyaan x bobot pertanyaan (3) )
NSR    = 14 (7 indikator x 2 pertanyaan x  bobot pertanyaan (1) )
JIK      = 3
Sehingga:
NR      = NST – NSR                                     PI        = NR : JIK
            = 42 - 14                                                          = 28 : 3
            = 28                                                                 = 9,33
Untuk interval kelas untuk tiap indikator adalah :
NST     =  6 ( 2 pertanyaan x bobot pertanyaan (3) )
NSR    =  2 ( 2 pertanyaan x bobot pertanyaan (1) )
JIK      = 3
Perhitungan:
NR      = NST – NSR                                     PI        = NR : J
IK
            = 6 - 2                                                              = 4 : 3
            = 4                                                                   = 1,33
Untuk interval kelas per per pertanyaan adalah :
NST     = 3 ( pertanyaan x bobot pertanyaan (3) )
NSR    = 1 ( pertanyaan x bobot pertanyaan (1) )
JIK      = 3
Perhitungan :
NR      = NST – NSR                                     PI        = NR : JIK
            = 3 – 1                                                             = 2 : 3
            = 2                                                                   = 0,66
Tabel 6. Nilai interval kelas untuk mengukur persepsi petani dalam SLPHT kopi di Kelurahan Karang Dalo Kecamatan Dempo Tengah Kota Pagaralam
No
Nilai interval kelas
(skor total)
Nilai interval kelas (per indikator)
Nilai interval
(per pertanyaan)
Kriteria
1
14,00 ≤ x ≤ 23,33
       2,00 ≤ x ≤  3,33
1,00 ≤ x ≤ 1,66
Rendah
2
23,33 < x ≤ 32,66
       3,33 < x ≤  4,66
1,66 < x ≤ 2,33
Sedang
3
 32,66 < x ≤ 42,00      
       4,66 < x ≤  6,00
2,33 < x ≤ 3,00
Tinggi
 untuk nilai interval per pertanyaan, merupakan suatu yang non logis untuk dianalisa, karena dalam 1 indikator skor yang didapat terendah adalah 2 dan tertinggi adalah 6 (jika memakai tabel diatas).
apa mau dirata-rata sehingga didapat niaai 1 s.d. 3 ? tidak logis kan?

semoga bermanfaat


Key words ; skoring, barizi, nasution, skor, nilai tertinggi, nilai terendah, NST, NSR, Jarak, Interval, metode, metodologi, penelitian


No comments:

Post a Comment