Selamat Datang di Bumi Jagad Besemah

11 July, 2011

Peran Rimba (Rumah Informasi Mengenal Budaya dan Alam)Besemah dalam Mendukung Pariwisata

Peran Rimba Besemah dalam Mendukung Pariwisata

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa ada empat faktor yang menjadi kendala dalam pengembangan potensi pariwisata di Kota Pagar Alam, baik itu berasal dari pihak-pihak yang terlibat (pemerintah, swasta, dan masyarakat) maupun keberadaan potensi pariwisata tersebut. Untuk mengatasi permasalahan ini harus dimulai dari dasar (masyarakat) dengan program yang berkesinambungan. Untuk mengatasi permasalahan pariwisata ini maka dapat dilakukan upaya sebagai berikut :
1. perbaikan akses transportasi sehingga lokasi wisata yang tersebar di berbagai wilayah lebih mudah untuk dikunjungi.
2. penyediaan akses informasi mengenai lokasi wisata di Kota Pagar Alam sehingga memberikan kemudahan bagi pengunjung.
3. penyediaan tenaga profesional dalam pengelolaan potensi pariwisata untuk penataan objek wisata yang maksimal.
4. penyosialisasian dan pengajaran terhadap pentingnya potensi wisata daerah untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap potensi pariwisata di Kota Pagar Alam.
Pada dasarnya kebijakan pemerintah untuk mengembangkan pariwisata melalui program yang telah dibuat, baik kawasan wisata terpadu, pembangunan lapangan terbang, paket wisata murah, pamflet wisata, dan program lainnya merupakan sebuah kebijakan yang cukup tepat untuk dilaksanakan mengingat pemerintah mungkin belum terpikirkan untuk mendirikan suatu lembaga yang memuat seluruh informasi pariwisata. Sebuah program tentunya tidak akan berjalan dengan baik tanpa didukung oleh perangkat-perangkat program tambahan atau perangkat program pendukung lainnya. Program Rimba (Rumah Informasi Mengenal Budaya dan Alam) Besemah ini melengkapi program-program pemerintah terdahulu. Program pemerintah dalam pengembangan potensi pariwisata akan lebih maksimal dengan adanya Rimba Besemah sebagai pusat informasi dan promosi pariwisata Kota Pagar Alam. Semua lokasi pariwisata dan pertunjukan seni budaya yang sudah didesain dengan apik akan lebih diketahui melalui Rimba Besemah ini.
Rimba Besemah memiliki peran yang cukup besar dalam pengembangan pariwisata. Peran Rimba Besemah ini adalah sebagai berikut :
1. sebagai penyedia informasi yang lengkap dan terbaru mengenai pariwisata di Kota Pagar Alam, khususnya objek wisata baru atau penemuan peninggalan budaya lampau (benda-benda arkeologi), baik yang baru ditemukan atau yang belum dikelola dengan baik, misalnya dengan penyediaan website yang lengkap dan menarik mengenai budaya, sejarah, dan alam Besemah.
2. sebagai tempat pelatihan atau pembelajaran bagi masyarakat, khususnya generasi muda (pelajar) untuk lebih memahami kekayaan alam dan budaya di Kota Pagar Alam sehingga meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat untuk melestarikan, mengelola dan turut serta dalam pengembangan pariwisata.
3. sebagai pelopor museum Pagar Alam yaitu sebagai upaya pelestarian budaya dan kekayaan alam. Selain informasi, Rimba Besemah juga menampung benda-benda arkeologi, seni budaya dan kerajinan tangan masyarakat Kota Pagar Alam. Untuk peninggalan budaya masa lampau, seperti megalit, arca, prasasti, dan peninggalan lainnya dibuat replika yang menyerupai aslinya yang disertai dengan informasi terkait replika tersebut (lokasi, asal usul atau pesan yang termuat). Informasi dimuat dalam tiga bahasa, yaitu Indonesia, Inggris, huruf Ulu (huruf Pagar Alam kuno). Karena itu, wisatawan tidak harus mengunjungi semua lokasi pariwisata untuk mempelajari Kota Pagar Alam.
4. sebagai sarana promosi pariwisata Kota Pagar Alam dan sebagai mitra pemerintah dalam melaksanakan program pariwisata, misalnya pemesanan paket wisata dapat diperoleh wisatawan melalui Rimba Besemah ini.
Rimba Besemah Pagar Alam menyediakan semua informasi pariwisata di Kota Pagar Alam, misalnya lokasi objek wisata, restoran, penginapan, pusat oleh-oleh dan cinderamata (souvenir) serta pertunjukan seni budaya . Semua informasi ini juga ditunjang dengan adanya website yang dapat diakses dengan mudah oleh siapa saja. Jika BPS terkenal dengan “Pagar Alam dalam Angka”, maka Rimba Besemah bisa disebut dengan “Pagar Alam dalam Rumah” karena kelengkapan informasi terdapat pada rumah ini, khususnya informasi pariwisata. Dengan adanya Rimba Besemah sebagai pusat informasi wisata maka pengunjung akan lebih mudah untuk menjelajahi pesona alam, sejarah dan budaya di bumi Besemah.
Esensi yang tidak kalah penting selain pendirian rumah informasi adalah dibutuhkannya SDM (Sumber Daya Manusia) peneliti dan pengelolaan secara profesional terhadap objek wisata yang ada, khususnya untuk benda arkeologi sebagai cagar budaya. Akibat minimnya tenaga profesional, kekayaan potensi pariwisata yang ada di Kota Pagar Alam masih banyak yang belum dikelola secara maksimal. Hal ini diperparah akibat rendahnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat akan potensi ini. Tidak sedikit lokasi yang berpotensi sebagai objek wisata menjadi terbengkalai bahkan rusak karena ulah masyarakat, khususnya pada kawasan megalit. Upaya peningkatan pengetahuan dan kesadaran masyarakat dapat dilakukan melalui Rimba Besemah ini. Dengan informasi yang lengkap akan membuat masyarakat lebih menghargai dan melestarikan kekayaan potensi pariwisata di Kota Pagar Alam sehingga masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam program-program pengembangan pariwisata yang telah dibuat.
Melalui Rimba Besemah sebagai pusat informasi pariwisata Pagar Alam, pengetahuan dan kesadaran generasi muda (pelajar) dapat ditingkatkan dengan sosialisasi dan pelatihan berupa pengajaran sebagai pemandu wisata yang dilakukan di Rimba Besemah. Dengan harapan generasi ini kelak akan menjadi pihak yang secara strategis dan profesional mengelola dan melestarikan daerahnya. Dalam arti lain, Rimba Besemah selain meningkatkan kesadaran dan pengetahuan juga memperbaiki kesejahteraan masyarakat melalui partisipasi masyarakat dalam pengembangan pariwisata.

No comments:

Post a Comment