Selamat Datang di Bumi Jagad Besemah

04 July, 2012

Cara melakukan Skoring atau Ranking untuk Penelitian


Cara Melakukan Skoring atau Ranking untuk Penelitian 


Dalam penelitian sosial sering digunakan skoring untuk menentukan nilai dari jawaban sampel. Menurut Mikkelsen (1995) penggunaan ranking dan skoring berarti menempatkan sesuatu sesuai urutannya (penyusunan secara ordinal) dan skoring (penyusunan menurut bobot). Alat-alat analitis seperti ranking, dapat menghasilkan informasi dasar yang membantu memfokuskan pertanyaan. Cara ini berguna untuk memperoleh informasi yang sensitif dan dapat pula mempercepat perolehan pemahaman mengenai pendapat yang berbeda-beda dikalangan peserta.
Menurut Nasution dan Barizi (1998) dalam Pranata (2012) rumus yang digunakan untuk membuat interval kelas dapat dilakuakn sebagai berikut :
Rumus yang digunakan membuat interval kelas adalah:
NR      = NST – NSR
PI        = NR : JIK
Dimana :
NR      = Nilai Range
NST     = Nilai Skor Tertinggi
NSR    = Nilai Skor Terendah
JIK      = Jumlah Interval Kelas
PI        = Panjang Interval
Contoh :
Perhitungan untuk membuat interval kelas pada persepsi petani adalah sebagai berikut :
NST    = 42 (7 indikator x 2 pertanyaan x bobot pertanyaan (3) )
NSR    = 14 (7 indikator x 2 pertanyaan x  bobot pertanyaan (1) )
JIK      = 3
Sehingga:
NR      = NST – NSR                                     PI        = NR : JIK
            = 42 - 14                                                          = 28 : 3
            = 28                                                                 = 9,33
Untuk interval kelas untuk tiap indikator adalah :
NST     =  6 ( 2 pertanyaan x bobot pertanyaan (3) )
NSR    =  2 ( 2 pertanyaan x bobot pertanyaan (1) )
JIK      = 3
Perhitungan:
NR      = NST – NSR                                     PI        = NR : JIK
            = 6 - 2                                                              = 4 : 3
            = 4                                                                   = 1,33
Untuk interval kelas per per pertanyaan adalah :
NST     = 3 ( pertanyaan x bobot pertanyaan (3) )
NSR    = 1 ( pertanyaan x bobot pertanyaan (1) )
JIK      = 3
Perhitungan :
NR      = NST – NSR                                     PI        = NR : JIK
            = 3 – 1                                                             = 2 : 3
            = 2                                                                   = 0,66

Tabel 1. Nilai interval kelas untuk mengukur persepsi petani dalam ....
No
Nilai interval kelas
(skor total)
Nilai interval kelas (per indikator)
Nilai interval
(per pertanyaan)
Kriteria
1
     14,00 ≤ x ≤ 23,33
       2,00 ≤ x ≤  3,33
1,00 ≤ x ≤ 1,66
Rendah
2
     23,33 < x ≤ 32,66
       3,33 < x ≤  4,66
1,66 < x ≤ 2,33
Sedang
3
     32,66 < x ≤ 42,00      
       4,66 < x ≤  6,00
2,33 < x ≤ 3,00
Tinggi

Adakalanya nilai interval perpertanyaan tidak digunakan. Semoga bermanfaat

1 comment:

  1. kang sebenere blog kamu bagus, pas artikel ini, saya lagee butuh, tapi kenapa tidak bisa di COPY PASTE
    #bukan mengajari tapi kalo berbagi yang total sekalian lah
    makasih n maaf sebelumnya

    ReplyDelete