Cara Melakukan Skoring atau Ranking
untuk Penelitian
Dalam
penelitian sosial sering digunakan skoring untuk menentukan nilai dari jawaban
sampel. Menurut Mikkelsen (1995) penggunaan
ranking dan skoring berarti menempatkan sesuatu sesuai urutannya (penyusunan
secara ordinal) dan skoring (penyusunan menurut bobot). Alat-alat analitis
seperti ranking, dapat menghasilkan informasi dasar yang membantu memfokuskan
pertanyaan. Cara ini berguna untuk memperoleh informasi yang sensitif dan dapat
pula mempercepat perolehan pemahaman mengenai pendapat yang berbeda-beda
dikalangan peserta.
Menurut Nasution dan Barizi (1998) dalam
Pranata (2012) rumus yang digunakan untuk membuat interval kelas dapat
dilakuakn sebagai berikut :
Rumus yang digunakan
membuat interval kelas adalah:
NR =
NST – NSR
PI =
NR : JIK
Dimana :
NR =
Nilai Range
NST =
Nilai Skor Tertinggi
NSR =
Nilai Skor Terendah
JIK =
Jumlah Interval Kelas
PI =
Panjang Interval
Contoh :
Perhitungan untuk membuat interval kelas
pada persepsi petani adalah sebagai berikut :
NST = 42 (7 indikator x 2 pertanyaan x bobot
pertanyaan (3) )
NSR =
14 (7 indikator x 2 pertanyaan x bobot
pertanyaan (1) )
JIK =
3
Sehingga:
NR =
NST – NSR PI = NR : JIK
=
42 - 14 =
28 : 3
=
28 =
9,33
Untuk interval kelas untuk tiap
indikator adalah :
NST = 6 ( 2 pertanyaan x bobot pertanyaan (3) )
NSR = 2 ( 2 pertanyaan x bobot pertanyaan (1) )
JIK =
3
Perhitungan:
NR =NST
– NSR PI = NR : JIK
NR =
=
6 - 2 =
4 : 3
=
4 =
1,33
Untuk interval kelas per per pertanyaan
adalah :
NST =
3 ( pertanyaan x bobot pertanyaan (3) )
NSR =
1 ( pertanyaan x bobot pertanyaan (1) )
JIK =
3
Perhitungan :
NR =
NST – NSR PI = NR : JIK
=
3 – 1 =
2 : 3
=
2 =
0,66
Tabel 1. Nilai interval kelas untuk mengukur persepsi
petani dalam ....
No
|
Nilai interval kelas
(skor total)
|
Nilai interval kelas (per
indikator)
|
Nilai interval
(per pertanyaan)
|
Kriteria
|
1
|
14,00 ≤ x ≤ 23,33
|
2,00 ≤ x ≤ 3,33
|
1,00 ≤ x ≤ 1,66
|
Rendah
|
2
|
23,33 < x ≤ 32,66
|
3,33 < x ≤ 4,66
|
1,66 < x ≤ 2,33
|
Sedang
|
3
|
32,66 < x ≤ 42,00
|
4,66 < x ≤ 6,00
|
2,33 < x ≤ 3,00
|
Tinggi
|
Adakalanya nilai interval perpertanyaan
tidak digunakan. Semoga bermanfaat
kang sebenere blog kamu bagus, pas artikel ini, saya lagee butuh, tapi kenapa tidak bisa di COPY PASTE
ReplyDelete#bukan mengajari tapi kalo berbagi yang total sekalian lah
makasih n maaf sebelumnya